Jumat, 20 Februari 2015

JENIS AWAN BERDASARKAN BENTUKNYA

Awan adalah sekumpulan tetes air atau kristal es pada lapisan atsmosfer yang terjadi karena pengembunan atau penguapan air yang terdapat dalam udara setalah melampaui keadaan jenuh. Kondisi awan dapat berupa cair, gas, dan padat karena dipengaruhi oleh suhu. Awan memiliki bentuk yang bermacam-macam. Secara garis besar awan mempunyai tiga bentuk dasar yakni awan Cumulus, Stratus, dan Cirrus.


  1. Awan Cumulus
Awan Cumulus adalah awan yang bentuknya seperti bunga kol. Awan ini terjadi karena proses konveksi. Secara lebih rinci awan ini terbagi dalam 3 jenis, yaitu: strato cumulus yaitu awan cumulus yang baru tumbuh, cumulus, dan cumulonimbus yaitu awan cumulus yang sangat besar dan mungkin terdiri beberapa awan cumulus yang bergabung menjadi satu.


     2.  Awan Stratus
Awan Stratus adalah awan yang berwarna keabu-abuan yang biasanya menutupi seluruh langit. Kita menyebutnya langit mendung. Awan ini mirip kabut yang tak mencapai tanah. Terkadang gerimis mengiringi awan stratus. Kalau menghasilkan hujan, namanya adalah nimbo stratus. Kalau kamu lihat, awan itu sering berupa gabungan dari jenis-jenis di atas. Cirrus, misalnya, bisa menjadi pertanda badai akan datang, terutama bila awan menebal menjadi cirro stratus yang menutupi langit.


     3.  Awan Cirrus
Awan sirus adalah awan tinggi dengan ciri-ciri tipis, berserat seperti bulu burung atau gula-gula kapas. Awan sirus sering muncul pertama kali di sepanjang daerah front. Pada awan ini terdapat kristal-kristal es. Terkadang puncak awan sirus bergerak dengan cepat. Arah anginnya juga dapat bervariasi. Awan sirus terbentuk ketika uap air membeku menjadi kristal es pada ketinggian di atas 8000 meter.


(dari berbagai sumber)

1 komentar:

  1. The Shops at The Shops at The Shops at The Shops at The Shops
    Search for 서울특별 출장안마 The Shops 포천 출장마사지 at 충청북도 출장안마 The Shops at The Shops at The Shops at The 양주 출장안마 Shops at The Shops at the Shops at The Shops at 충청북도 출장안마 The Shops at The Shops.

    BalasHapus